Sabtu, 14 Juli 2018

Tips Mengobati Nanah yang Muncul di Tubuh


Bisul yang muncul di tubuh yaitu pedoman adanya infeksi, yang lazimnya disebabkan oleh bakteri. Tak hanya di permukaan kulit, nanah juga bisa terbentuk di organ dalam, seperti saluran kemih, mulut, mata, otak, dan paru-paru. Simak beragam penyebab munculnya nanah di tubuh dan metode penanganannya berikut ini!

Bisul bisa dikenali sebagai cairan kental berwarna putih kekuningan, kadang kala berwarna hijau atau coklat dan berbau tak enak. Cairan nanah mengandung sel darah putih, bakteri, dan jaringan tubuh yang mati.

Pengobatan nanah bertumpu pada seberapa serius infeksi yang menyebabkannya. Penanganan yang lazimnya dilaksanakan yaitu:

Kompres air hangat
Untuk nanah kecil di permukaan kulit, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat untuk menolong mengeluarkan nanah. Lakukan kompres sebagian kali sehari selama sebagian menit.

Hindari menuntaskan nanah atau nanah dengan memencetnya
Selain bisa memunculkan luka baru, mengeluarkan nanah dengan metode seperti ini justru bisa memunculkan infeksi yang lebih serius.

Pengeringan nanah melewati energi medis
Untuk nanah yang lebih dalam, lebih besar, atau lebih sulit dijangkau, Anda memerlukan tindakan medis berupa pengeringan, yaitu mengeluarkan nanah dengan jarum atau membuat sayatan kecil pada nanah. Kalau nanah benar-benar besar, dokter mungkin akan memasukkan tabung steril untuk mengeringkan nanah.

Antibiotik
Untuk infeksi bakteri yang lebih dalam atau yang akan sulit sembuh, dokter akan meresepkan antibiotik oral. Untuk infeksi nanah yang berat, seperti nanah otak dan paru-paru, akan dibutuhkan perawatan di rumah sakit dengan pemberian antibiotik suntikan.


Umumnya, nanah yang disebabkan oleh infeksi ringan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Melainkan pada infeksi yang lebih serius, dibutuhkan perawatan medis, seperti pengeringan atau drainase nanah dan pemberian obat antibiotik. Segera konsultasikan ke dokter bila munculnya nanah atau nanah di tubuh tak juga membaik sesudah sebagian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent Part 2

Menjadi seorang single parent tentu akan membikin Anda memiliki segudang kebijakan di dalam keuangan, secara khusus bagi Anda yang meman...