Selasa, 10 Juli 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering


Kulit kepala kering dan gatal memang dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan. Bukan hanya itu, kulit kepala kering juga dapat menjadi pedoman adanya keadaan sulit dalam cara kekebalan tubuh seseorang. Kulit kepala yang kering dapat memunculkan bercak bersisik yang disertai rasa gatal. Penyebab dari kulit kepala kering malahan pelbagai. Mulai dari penyakit eksim, psoriasis, atau dermatitis seboroik. Unsur lain juga dapat menyebabkan kulit kepala kering, seperti udara yang dingin dan kering, dermatitis kontak terhadap produk untuk rambut, serta usia tua. Kondisi kulit kepala kering sebaiknya seketika ditangani agar tak semakin parah, dan untuk menyelesaikannya perlu dikenal terutamanya dulu apa penyebabnya.


Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi kulit kepala kering yang perlu Anda kenal.

Eksim
Eksim yang terjadi pada kulit kepala kering dapat membikin kulit kepala bersisik, serta memunculkan rasa gatal yang mengganggu. Eksim di kulit kepala lazimnya terjadi pada si kecil-si kecil atau bayi. Penyebab timbulnya eksim masih belum dikenal dengan jelas, tetapi diduga berhubungan dengan reaksi cara kekebalan tubuh pada zat atau unsur yang menyebabkan iritasi. Selain itu, riwayat asma dan alergi juga berhubungan dengan munculnya eksim. Untuk mengatasi eksim di kepala, dapat dikerjakan dengan memakai krim kortikosteroid dan pelembap yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, sebisa mungkin hindari menggaruk dan memakai sabun dengan bahan keras.

Psoriasis
Pada kondisi kulit kepala kering pengaruh psoriasis, kulit kepala akan memerah dan bersisik pengaruh berlapis-lapis kulit yang terkelupas dan menumpuk. Kondisi ini tak hanya terjadi di kulit kepala, tetapi juga dapat terjadi di belakang leher, belakang telinga, dan kening. Beberapa spesialis berpendapat bahwa penyakit psoriasis ini disebabkan oleh gangguan pada cara kekebalan yang menyebabkan kulit tumbuh terlalu pesat dan gampang mengelupas. Psoriasis dapat menyebabkan gatal, serta luka berkerak yang tebal dan bertahan lama. Menggaruk kepala secara berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok, serta infeksi. Kulit kepala psoriasis dapat dituntaskan dengan memakai krim, gel, sampo, salep, atau minyak antiketombe yang berbahan belerang, asam salisilat, dan selenium sulfida. Selain itu, dokter mungkin akan menyuntikan kortikosteroid seketika pada zona yang terkena psoriasis. Sekiranya Anda mengalami psoriasis dengan jenjang sedang hingga parah, dokter akan memberikan obat suntik atau oral, seperti kortikosteroid, methotrexate, derivat vitamin D dan vitamin A, serta ciclosporin. Selain dengan obat, terapi sinar ultraviolet juga dapat dikerjakan untuk menangani psoriasis.

Dermatitis seboroik
Dermatitis seboroik disebut juga dengan istilah kulit kepala kering eksim seboroik, atau psoriasis seboroik. Dermatitis seboroik dapat membikin kulit memerah, kulit kepala bersisik, serta timbul ketombe. Sekiranya Anda menganggap kondisi ini disebabkan oleh kurangnya kebersihan diri, maka Anda keliru. Penyebab pasti dermatitis seboroik masih belum dikenal, tetapi diduga disebabkan oleh peradangan yang berhubungan dengan psoriasis, atau jamur Malassezia yang berada di kulit kepala. Sebab kondisi ini lazimnya berlangsung dalam jangka panjang dan kumat-kambuhan, maka dibutuhkan perawatan berulang. Sebelum memberikan resep obat, dokter lazimnya akan memberi saran Anda memakai sampo untuk mengatasi ketombe. Sekiranya dirasa pengaplikasian sampo tak sukses, barulah dokter mengerjakan pengobatan untuk menekan kegiatan cara kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Dokter juga akan mengerjakan perawatan untuk mengatasi peradangan pada kulit, serta memberikan obat oles untuk mengatasi bakteri. Selain itu, obat antijamur dalam bentuk tablet atau sampooleh dokter untuk mengatasi kondisi ini.

Kulit kepala kering tak hanya menganggu penampilan Anda secara keseluruham. Sekiranya dibolehkan dan semakin parah, kulit kepala kering dapat memunculkan infeksi kulit kepala karena rasa gatal yang timbul. Beberapa keadaan sulit kulit kepala memang dapat dituntaskan dengan memakai pengobatan sendiri, misalnya dengan memakai sampo, krim, atau gel khusus. Melainkan bila Anda merasa kondisi kulit kepala kering Anda semakin mengganggu, sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter untuk mengenal penanganan yang ideal.

Kulit kepala kering tak hanya mengganggu penampilan Anda secara keseluruhan. Sekiranya dibolehkan dan semakin parah, kulit kepala kering dapat memunculkan infeksi karena luka garukan pengaruh rasa gatal yang timbul.

Beberapa keadaan sulit kulit kepala kering memang dapat dituntaskan dengan memakai pengobatan sendiri, misalnya dengan memakai sampo, krim, atau gel khusus yang dijual bebas. Melainkan bila Anda merasa kondisi kulit kepala kering yang Anda alami semakin mengganggu, seketika konsultasikan ke dokter untuk menerima penanganan yang ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent Part 2

Menjadi seorang single parent tentu akan membikin Anda memiliki segudang kebijakan di dalam keuangan, secara khusus bagi Anda yang meman...