Selasa, 12 Juni 2018

Film Ghost Stories, Bukan seperti film horror pada umumnya


Review Film Ghost Stories, Tahun 1979 seorang Profesor Phillip Goodman (Andy Nyman) keturunan Yahudi ialah seseorang yang skeptis terhadap hal-hal gaib. Melainkan ia memulai sebuah petualangan penuh teror yang mengerikan ketika ia patut menyelesaikan kasus dari sebuah file yang sudah lama hilang. Terdiri dari 3 kasus berpenunggu yang tak bisa diterangkan dengan logika sehat.

Ghost Stories ialah film horror yang ditulis dan sutradarai oleh Jeremy Dyson & Andy Nyman. Triple point untuk Andy Nyman sendiri, karena selain menulis dan menyutradarai film ini, Nyman juga memerankan tokoh utama dalam Ghost Stories. Film ini juga sempat disebut-sebut sebagai film antologi horror Inggris karena menyebutkan beberapa folklore horror yang hidup dan berkembang di Inggris dari masa ke masa.


Cerita Ghost Stories berawal tentang seorang professor bernama Phillip Goodman (Andy Nyman) yang berpikiran skeptis tentang dunia supranatural dan menganggap itu hanyalah kebohongan belaka. Hal tersebut diterangkan olehnya dengan membongkar kebohongan seorang cenayang paling tenar  di Inggris yang memanipulasi acaranya dengan menyadap data penonton yang datang. Keberhasilan Goodman dalam membongkar kasus tersebut membawanya terhadap seorang yang dikaguminya dan ialah seorang yang menginspirasinya dalam meyakini bahwa dunia supranatural itu tak ada, Charles Cameron. Dilansir hilang selama 20 tahun secara misterius, Cameron berada dihadapan Goodman dengan meyakini hal yang berbeda. Ia sekarang meyakini jikalau dunia supranatural itu ada. Goodman yang mendengar pernyataan idolanya tersebut mulai kecewa dan masih bersikeras meyakini bahwa dunia supranatural tak ada. Memandang sikap Goodman yang bergitu yakin akan teorinya, Cameron menantangnya untuk menyelidiki tiga kasus berbeda yang belum bisa terpecahkan olehnya.

Mendapatkan tantangan kasus dari idolanya, Goodman menyanggupi dan memulai penelusuran masing-masing kasus tersebut. Kasus pertama melibatkan seorang petugas jaga malam di salah bangunan yang dulunya bekas rumah sakit jiwa khusus wanita dan buah hati-buah hati di Inggris Tony Matthews (Paul Whitehouse) yang mengalami hal mengerikan ketika sedang berjaga malam di sana. Kasus kedua melibatkan seorang remaja bernama Simon Rifkind (Alex Lawther) yang memiliki kesanggupan untuk melihat hal-hal gaib sesudah mengalami tragedi di Tengah hutan di Inggris. Dan kasus ketiga melibatkan Mike Priddle (Martin Freeman), seorang pengusaha berhasil yang kehilangan istri dan anaknya pada ketika cara kerja melahirkan. Ketiga kasus ini membawa Goodman jauh ke dalam kisah mistis yang terbukti bisa memberikan guncangan psikis bagi diri Goodman. Apa yang selanjutnya terjadi pada Goodman? Akankah ia akan menemukan bukti bahwa dunia spiritual memang benar ada?

Ghost Stories sebagai film horror berhasil membuat penonton terkejut dan ketakutan dalam beberapa scene mengerikan dan bernafas lega ketika adegan berakhir. Tenaga film Ghost Stories ini juga ada pada efek musik dan bunyi yang mengagetkan sehingga kadang membuat penonton menjerit terkejut. Acting dari tokoh-tokoh yang ada dalam film ini sendiri tak ada yang terlalu mencolok. Segala tepat pada porsinya. Film ini juga penuh dengan adegan surealis dan tipuan pikiran yang jarang ada dalam film horror. Ini bisa menjadi pisau bermata dua karena di satu sisi bisa menberikan sesuatu yang berbeda, tetapi di sisi lain bisa memberikan kesan awkward dalam film horror yang patut mengerikan. Tenaga utama dalam film ini ada pada jalan cerita yang digarap dengan apik dan ending plot twist yang mencengangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent Part 2

Menjadi seorang single parent tentu akan membikin Anda memiliki segudang kebijakan di dalam keuangan, secara khusus bagi Anda yang meman...