Selasa, 03 Juli 2018

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan


Tidak cuma sedap, pepaya yang rendah kalori ini rupanya punya segudang kandungan mineral dan vitamin. Tidak heran jika ada banyak manfaat pepaya bagi tubuh kita.

Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan betul-betul kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah hal yang demikian 2-3 kali lebih banyak dari saran harian yang direkomendasikan.


Tidak cuma itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, merupakan vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Dengan segudang nutrisi hal yang demikian, pepaya memberikan demikian itu banyak manfaat bagi kesehatan.

Macam Manfaat Pepaya

Beberapa orang mungkin mengenal pepaya sebagai buah yang dapat memperlancar pencernaan. Namun sebenarnya ada berbagai manfaat pepaya bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui:

Menyehatkan mata. Pepaya mengandung vitamin A yang bagus untuk mata. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kornea dan mewujudkan kelembapan yang cukup agar mata senantiasa terlumasi dengan bagus.

Menyehatkan rambut dan kuku. Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah berwarna oranye ini bahkan dapat dibuat masker rambut untuk menyuburkan rambut.

Menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Pepaya mengandung zat yang bernama likopen. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi likopen dapat memelihara kesehatan kulit sebab kegiatan antioksidan dari zat ini berperan dalam menangkal kerusakan sel pengaruh radikal bebas.

Memperlancar pencernaan. Tahukah Anda mengapa pepaya familiar dapat melancarkan pencernaan? Berdasarkan ini sebab pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih gampang dicerna. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi pepaya selama 40 hari diduga dapat menyembuhkan konstipasi dan perut kembung.

Kesehatan jantung. Pepaya yang mengandung vitamin C dan likopen dapat menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Bermacam-macam itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol bagus (HDL) yang ada di dalam tubuh.

Mengurangi risiko kanker. Pepaya mengandung antioksidan likopen yang kapabel mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

Antipenuaan. Contohnya nutrisi dalam pepaya kapabel membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Tidak enzim papain yang membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit, serta vitamin A dan C yang membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam. Tidak cuma itu, vitamin C juga berkhasiat membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput.

Meningkatkan cara kekebalan tubuh. Vitamin A, C, dan E dalam pepaya dapat membantu menguatkan cara kekebalan tubuh. Baik, kita bahkan terhindar dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.

Kalau untuk penyakit demam dengue. Papaya diduga mempunyai pengaruh bagus terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dapat menekan jumlah trombosit. Penelitian menunjukkan penderita infeksi dengue yang menerima ekstrak daun papaya mempunyai peningkatan trombosit lebih pesat dibandingkan mereka yang menerima pengobatan lazim. Akan tetapi efek ini masih perlu diteliti secara klinis lebih lanjut.

Anda tak mempunyai alergi pada pepaya dan kandungan di dalamnya, mulailah untuk mengonsumsi buah yang satu ini untuk merasakan berbagai manfaat pepaya yang disebutkan di atas. Dengan menambahkan pepaya dalam menu harian Anda, asupan nutrisi untuk tubuh akan meningkat dan Anda bahkan dapat terhindar dari beberapa penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent Part 2

Menjadi seorang single parent tentu akan membikin Anda memiliki segudang kebijakan di dalam keuangan, secara khusus bagi Anda yang meman...